Oct 19, 2012

Kuliner SOLO

at 4:55 PM
Nah yha, udah sering ke solo, tapi baru kali ini update makanan disana. Sekilas tentang solo si gudang kuliner, ga jauh beda sama jogja. Kuliner anak kuliahan yang kebanyakan kaki lima dan warung makan sampai resto-resto, semua ada disini. Jelas sekali kuliner solo menyajukan sesuatu yang berbeda dengan kota besar Jakarta. Solo dengan berbagai makanan khasnya menjadikan kota tersebut klasik dan khas.
Yes, Spirit of Java yhaa.

1. Tengkleng Klewer Bu Edy

Tengkleng ini ada di pasar tradisional solo, Pasar Klewer. buka di siang hari, biasanya langsung banyak antrian yang menunggu. Kebanyakan dari mereka selain turis lokal juga banyak penduduk solo yang langganan tengkleng ini. Jeroan bo, jadi hati-hati yha kalo kebanyakan. Oiya, letaknya di sebelah timur pasar klewer, dekat dengan keraton

nah letaknya persis dibawah gapura ini. (kios mbah gito itu)
antriannya bo
yang jualan tengkleng

yang makan ditempat
Tengkleng Bu Edy
Pasar Klewer, Solo

2. Selat Solo Mbak Lies
Selat solo merupakan makanan khas yang berasal dari solo. Istilah lainnya bistik jawa. Rasanya beda sih sama stik. Kuahnya agak-agak manis. Disajikan dengan sayuran dan mayonaise yang rasanya khas juga. Disini selain menjual selat solo, ada beberapa makanan khas solo juga seperti timlo, stup makaroni, gado-gado, dan sebagainya. Bagi teman-teman luar solo yang sedang berkunjung ke kota solo dan ingin mampir ke selat mbak lies, sepertinya harus minta petunjuk penduduk lokal. Jika dari jl.slamet riyadi, serengan berada di bagian selatan. Sepertinya harus bertanya dan minta diantar ke daerah serengan, dari sana, bertanya dimana letak warung selat mbak lies, yakin deh semua orang pasti tahu. Saya pun melakukan hal yang sama. :)
Tampak depan

penampakan selat solo

tampak depan, banyak keramik2 gitu, khas lah pokoknya

petunjuk di jalan besarnya

Selat solo Mbak Lies
Gang II, 42, Serengan, Solo

3. Gudeg Ceker
Tidak tahu persis apa nama warung gudeg cekernya, yang jelas gudeg ini berada di jalan honggowongso dan buka hanya malam hari. Waktu itu saya mengunjungi solo untuk sekedar main dan bertemu teman-teman seangkatan yang ditempatkan di solo (internshiper solo). Gudeg ceker ini dimana-mana kok kalo di solo, dan biasanya malam hari bukanya. :)

4. Sosis Solo Warung Kita
Jika berkunjung ke solo, hampir seluruh rumah makannya menyajikan gorengan sosis solo. Sampe bosen deh lo makan sosis solo mulu. Nah kalau di warung kita ini saya beli untuk oleh-oleh, sayangnya ga difoto. Jalan Honggowongso ini mudah dicari kok, temukan hotel novotel solo jalan slamet riyadi, lalu ke selatan (kanan).

Warung Kita
Jl. Honggowongso no.107 C
Barat jalan Hotel Novotel, Solo

5. Warung Es Masuk
Yang ini warungnya juga happening di solo, letaknya di jalan kratonan. Agak nyelip-nyelip menurut saya. Sulit jika menjelaskan dimana letaknya, sepertinya persis dekat dengan kompleks keraton. Dan no foto juga, hehehe. Tapi kebanyakan orang tahu juga kok,  jadi tanya aja yha.

Where to go at Solo???
Ke keraton, trus wisata becak keliling kawasan keraton. We had fun a lot yhaaa. Seru lihat-lihat keraton, rumah-rumah abdi dalem-nya keraton, bule kebo lagi berkubang (nih kebo dianggap keramat) dan terjebak sama bakso goreng pedes syaitonnya alun-alun selatan keraton solo.

saya dan teman di becak lagi keliling2 keraton

dokter internship boyolali, magelang dan kebumen terjebak bakso goreng pedes gilak
Where to stay at Solo?
karena saya ga mungkin nginep tempat teman magang yang berjenis kelamin lelaki itu, maka saya dan dian, waktu itu menginap di Lor-in hotel, Kertosuro. Kalau di solo sih banyak penginapan, jadi jangan khawatir.

0 comments:

Post a Comment

 

Moli Sari Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos