Jul 12, 2012

Medical Speciality Aptitude Test

at 9:26 PM
Saya baru saja mengikuti medical speciality aptitude test, yaitu semacam test pemilihan spesialistik bidang kedokteran bagi yang berprofesi sebagai dokter. Iseng-iseng lho!! Pemilihan ini berdasarkan kepribadian, bukan own preferences. Jadi disini, saya menjawab pilihan derajat kesetujuan :D dari strongly agree hingga strongly disagree terhadap 130 pertanyaan yang dihidangkan. Layaknya pertanyaan-pertanyaan yang disajikan dalam tes psikologi lain, saya berhadapan dengan pertanyaan yang diputar-putar. Tentunya untuk menjaga kestabilan. Nah mengenai hasilnya, sepertinya tidak begitu sesuai dengan minat lho. Kalau minat memang sangat tergantung keilmuannya seperti apa. Saya sendiri sangat menyukai pelajaran obstetri ginekologi dan menyukai rutinitas being coass obsgyn. Menurut saya seru pelajarannya. Tapi tes seperti ini sangat diperlukan untuk masukan para teman sejawat dokter umum. Karena menjalani sesuatu itu tidak hanya karena suka, tapi juga disesuaikan dengan minat, bakat dan kebiasaan kita.
Contohnya, saya menyukai obsgyn, tapi pusing juga kalau menghadapi jaga malam, dengan cito yang seringnya dadakan. Saya juga bukan tipikal yang betah di RS seharian, without hanging out atau seing world outside. Belum lagi menjadi obsgyner yang harus hampir 100% sibuk, kalau masih single sih okay, tapi kalau berkeluarga, hmmm think a hundred times.
Selain itu, banyak hal yang harus dipertimbangkan. Di tes ini, ditanyakan pula kesukaan terhadap teknologi dan gadget, kemudian preferences kita terhadap kasus emergensi, kasus unsolveable, kebiasaan berorganisasi dan sebagainya.

Dan setelah disimpulkan, inilah spesialiti yang sesuai dengan karakter saya :


   Rank Specialty Score
1 dermatology 42
2 med oncology 41
3 anesthesiology 40
4 radiology 40
5 psychiatry 40
6 preventive med 40
7 occupational med 40
8 pediatrics 40
9 aerospace med 39
10 nuclear med 39
11 allergy & immunology 39
12 emergency med 39
13 gastroenterology 39
14 endocrinology 38
15 general internal med 38
16 nephrology 38
17 radiation oncology 38
18 neurology 38
19 rheumatology 38
20 pathology 38
21 otolaryngology 37
22 plastic surgery 37
23 thoracic surgery 37
24 ophthalmology 37
25 hematology 37
26 colon & rectal surgery 37
27 family practice 37
28 obstetrics/gynecology 36
29 general surgery 36
30 pulmonology 36
31 neurosurgery 36
32 physical med & rehabilitation 36
33 orthopaedic surgery 35
34 infectious disease 35
35 urology 34
36 cardiology 34

(yang saya block adalah yang saya sempat minati. Sekarang ini masih belum ada yang benar2 saya inginkan, masi bingung dan menjalani yang sekarang saja dulu. lulus internship!). coba kalau dilihat-lihat, kebanyakan yang diminati malah peringkatnya dibawah. Yha mungkin karena minat karena senang, tapi rutinitas nantinya tidak sesuai dengan karakter saya, #sedih. Cardiology paling dibawah? (also obsgyn dan neurosurgery) saya tahu kenapa, karena setiap pertanyaan tentang sesuatu yang melibatkan diri terhadap hidup seseorang (involving in someone's life) dan sesuatu yang emergency, saya menjawab neutral :)

oiyha, testnya disini yha, kalau mau coba :D


0 comments:

Post a Comment

 

Moli Sari Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos