Jul 26, 2012

Rias Rias Rias

at 3:01 PM
Sebelum saya pergi tf ke chikal kemarin, ibunda ratu semangat mengajak saya ke rumah teman lama beliau yang notabene adalah pemilik sanggar rias pengantin, yaitu ibu mamiek kies slamet. Masalah rias ini, ibunda sangat keukeuh memakai jasa beliau yang sudah lama mengampu jasa rias pengantin di dalam maupun luar kota, cielah. Begitupula rias yang dipakai kakak saya tahun 2010 lalu, namun sayangnya karena waktu itu ibu mamiek ini sedang sakit, maka paesan kakak diwakilkan ke teman satu tim beliau.

Jadi lupakanlah vendor rias rekanan catering. Jika capeng lain sibuk pilah pilih vendor rekanan rias, tidak dengan saya. Saya pasti dan harus pakai jasa rias bu mamiek ini. Awalnya saya berpikir bahwa alasan ibunda adalah karena bu mamiek ini temannya ibunda, tapi lebih dari itu ternyata. Ibunda berkata : "jika mau menggunakan riaan paes, harus sama rias pengantin asli yang tau pakem-pakem jawanya, nah Bu Mamiek kies ini 100% tahu pakem jawa riasan, dari mulai paes hingga tata cara pakaian dan adat nikahnya nanti ".

Well, okay, ga terlalu bermasalah buat saya. Pokoknya ini acara nikah, acaranya ibunda banget deh, semua beliau yang konsep (kecuali catering dan dekor yha, kalau ini pilihan saya, kalau ibunda yang pilih, budget bisa outside the box lah pokoknya, kasian ayahanda, nanti bisa stres pensiun ga punya doku)

Sesampainya disana, langsung ketemu sama bu mamiek dan pak kies slamet (suami beliau). Sebelumnya memang ibunda sudah cerita mau bikin hajat menikahkan anak bungsu yang paling cantik ini tahun depan. Ngobrol sana-sini, ibunda konsultasi mengenai baiknya bagaimana untuk rias saya nanti, karena saya berjilbab. Nah bu mamiek ini karena sudah banyak berkiprah di dunia rias pengantin dalam dan luar kota, sudah tahu lah bagaimana mengakali riasan nanti. Kira-kira nanti saya mau menggunakan busana solo keprabon yang indah nan anggun itu. Cinta banget deh sama riasan ini. Sangat tradisionaldan eksotis.
Kaya gini nih, saya ambil dari sanggar kamaratih milih bu Kiky :

Manten Solo Basahan Keprabon
Manten Wanita Basahan Keprabon

Cantik khannn. Jadi nanti saya tetep bisa pake dodot basahan tapi juga menggunakan beskap. Rambutnya pun nanti akan ditutupi jaring, sasakannya juga rambut palsu. Masalahnya tinggal telinganya gimana nih supaya bisa tetap tertutup. Bu mamiek bilang nanti mungkin akan ditutup bunga. Yes!!!!

Saatnya membuka lemari bu Mamiek.

Bu.. Saya mau lihat dodotannya....

Monggohhh... (sambil senyum)

Dodotan yang beliau punya bermacam-macam warnanya, saudara-saudara, dan saya amazeeee yha sama kain dodotan yang tebal nan panjang itu, ternyata panjangnya 5 meter lebih.Wawwwww. Dan pemakaiannya nanti memang harus menggunakan teknik yang ga semua orang bisa lho. Warna dodotannya juga bagus-bagus. Kainnya berkualitas. Yakin lah nanti sama bu mamiek kies dan tim nantinya.

dodotan hitam emas dan orange (orange kan thuu?)

Motif lain dibaliknya. Bingung ah bagian mana nanti yang kliatan... 

Hitam-emas-maroon2 pink gitu. Rencananya pake ini nanti. Ahhh yesss #langsung mikir dekornya

ngelipetnya jaaalllll. susah khan

ngelipetnya harus dua orang.


Tidak lama kemudian, bicaralah ibunda tentang reng-rengan harga. Pokoknya ini dapet diskon pertemanan, karena jika tidak diskon, harganya lumayan bro. Paket yang diambil ibunda adalah sebagai berikut :
  1. Tata busana pengantin wanita dan pria untuk Resepsi (solo keprabon + paes solo)
  2. Tata rias pengantin wanita dan pria untuk Akad Nikah + Panggih (beskap mas indra mau dibikinin bu mamiek, sewa perdana, bingung dari obrolan kemarin ini beskap udah masuk paket belum yha. Trus panggihnya busananya sama kaya pas akad)
  3. Tata rias dan busana kedua orang tua untuk Akad Nikah dan Resepsi (tanpa kebaya Ibu)
  4. Tata rias & busana penerima tamu 4 orang
  5. Tata rias among wanita dan pria 6 pasang (tanpa kebaya wanita)
  6. Tata rias & busana patah 2 orang
  7. Tata rias untuk siraman dan midodareni (Ini belum termasuk peralatan untuk upacara adatnya yah)
Untuk harga, saya tidak bisa mencantumkan disini, karena ini harga pertemanan. Bu mamiek bilang, kalau harga komersilnya bisa hampir dua kali lipat dari harga yang dikasih ke saya. Wow. Amaze banget sama diskon besar2annya. Trimakasiihh bu mamieek #peluk

Sedangkan untuk harga sewa untuk keluarga dan panitia yang ingin dibeskapi :
satu set beskap (beserta kain, selop dan pemasangannya ) @ Rp.100.000
rias wajah dan sanggul wanita (beserta kain dan selop) @ Rp.200.000

Bu Mamiek Kies Slamet
Pad. Bharata Blok D No.44 12/2
Sunter

2 comments:

Anonymous said...

Molii...salam kenal.boleh nanya detail rias solo jilbab kah?? gw juga pgn bgt pake adat solo tp gw berjilbab..mohon infonya..

-sisi-

Moli Sari on November 6, 2012 at 1:55 PM said...

iya sisi, kalo aku rekomen miarosa sm kamaratih yha, liatnya di browsing aja sih, lumayan rapih hasilnya. kalo yg bu mamiek sendiri aku blm liat dan blm test make up.

Post a Comment

 

Moli Sari Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos