Apr 26, 2009

Belajar di Negeri Wong Londo : Masuk Ke Komunitas Global

at 10:25 AM

Mengenyam pendidikan di Eropa memang menjadi impian saya sejak kecil. Entah dimanapun, Eropa adalah hal yang menarik dan keren. Kultur yang unik, orang berkulit putih, udara yang sejuk, salju dan masih banyak lagi. Mungkin ini hanya euforia masa kecil saja. Sekarang, mencoba peruntungan sekolah di negeri lain harus didasari dengan paradigma yang berbeda, yaitu bagaimana memasuki dunia global dengan komunitas yang tergabung dalam satu visi.

Dunia menghadapi berbagai permasalahan! Mari coba melihat salah satu bagian kecil dari dunia, yaitu negeri kita, Indonesia. Masalah kemanusiaan, lingkungan, kesehatan, tata letak kota, kriminalitas, perekonomian dan lain-lain merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Dan rupanya permasalahan ini juga dihadapi di berbagai negara, baik negara maju maupun negara berkembang. Itulah sebabnya, mengapa kita harus berpikir tentang komunitas global. Jika komunitas dunia telah memahami betapa pentingnya pemecahan permasalahan tersebut, tentunya kita menjadikan itu sebagai visi dan misi bersama.

Dengan komunitas global, penghuni dunia saling bekerja sama, bertukar ilmu dan berbagi informasi untuk memecahkan permasalahan dunia dan negara masing-masing

Study in Holland : a ticket to global community?
Benar-benar mengundang rasa ingin tahu saya! Belanda gencar mempromosikan diri agar banyak warga mancanegara memilih negeri tersebut sebagai negara tujuan belajar, bukan hanya sebagai negara tujuan pariwisata. Lihat banner disamping ini. Seminggu yang lalu, diluncurkan pula promosi video mengenai Study in Holland yang dapat diakses di sini. Saya segera mencari tahu!

Apa saja fakta bersahabatnya?

1. Belajar di Belanda Menggunakan Bahasa Inggris

Amerika dan Australia menjadi pilihan kebanyakan orang Indonesia untuk melanjutkan studi. Alasan yang paling mungkin adalah penggunaan bahasa. Eropa jarang menjadi pilihan studi karena kendala bahasa. Namun ternyata, Belanda adalah negara pertama yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa ibu yang menawarkan hampir seluruh pendidikan tinggi diajar dalam Bahasa Inggris. Saya yakin, hal ini begitu esensial bagi seluruh warga mancanegara yang ingin melanjutkan studi di negara orang. Komunikasi yang mudah akan memudahkan seseorang untuk memahami materi perkuliahan. Berita baiknya, Orang-orang di Belanda juga dapat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, tentunya juga akan memudahkan kita, orang asing, untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

2. Belanda : Negara Maju dan Unggul dalam Berbagai Bidang dengan Kualitas Pendidikan yang Baik

Tidak dapat dipungkiri, Belanda unggul dalam berbagai sektor. United Nation Development Programme (UNDP) menempatkan Belanda di urutan ke-9 sebagai negara dengan Human Development Index tertinggi di dunia. Negara tanah rendah ini melalui berbagai fase sejarah perkembangan sains dan teknologi yang memukau. Belanda merupakan pelopor penggunaan energi angin dan pembendungan air laut. Amsterdam dikenal mampu untuk mendaur ulang sampah kota menjadi energi listrik. Belum lagi kemampuannya dalam mengekspor hasil pertanian yang menempatkan Belanda sebagai negara pengekspor hasil pertanian ke-3 setelah USA dan Perancis.

Ironis memang! Negara yang hanya mempunyai luas tidak lebih dari sepertiga pulau jawa dan padat penduduk serta sepedanya ini, mampu menjadi negara yang unggul dalam berbagai bidang. Hal ini berdampak kepada sektor pendidikan, dimana banyak warga mancanegara berminat untuk menimba ilmu disini. Tak heran jika jumlah mahasiswa internasional mencapai 70.000. Sains pertanian, kedokteran, Seni dan Arsitektur, Manajemen dan Teknik Sipil merupakan bidang-bidang yang diunggulkan di perguruan tinggi di Belanda.

3. Biaya Kuliah dan Biaya Hidup yang Relatif Murah

Blog yang menjadi referensi saya menyebutkan bahwa biaya kuliah dan biaya hidup relatif murah jika dibandingkan dengan USA dan Australia. Biaya kuliah yang ditempuh pada masa ajaran 2007-2008 adalah € 1538 dengan biaya buku sebesar € 300 pertahun dan biaya hidup rata-rata € 700 per bulan. Jika menggunakan google currency converter, kira-kira biaya hidup sebulan dalam Rupiah adalah Rp. 9.996.210 dengan biaya kuliah mencapai Rp. 31.959.311. Biaya kuliah ini tergolong murah namun biaya hidupnya yang mahal! Namun, jangan kuatir! Berbagai beasiswa disediakan sebagai solusi bagi mahasiswa mancanegara yang berminat untuk sekolah di Belanda, StuNed misalnya. Informasi beasiswa lainnya juga dapat diperoleh di Neso.












Ya! Keindahan dan keunikan Belanda menjadi fakta lain yang membuat saya menginginkan negeri ini sebagai negara tujuan sekolah. Hampir seluruh warga di Belanda mempunyai dan menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Menyenangkan sekali!
Keindahan alam, sepatu kayu, bunga tulip, ribuan museum, jembatan-jembatan unik! Wew, ini merupakan nilai pariwisata yang tidak didapatkan di negara lain!

Sekarang Saya tahu, kenapa wong-wong londo ini begitu percaya diri dengan promo study in holland-nya?
It's truly a place to get together, to learn and to know many. It's a ticket to a global community!


Satu hal yang tidak boleh dilupakan. Belanda menawarkan link sains dan kerja sama yang menarik. Kemajuan teknologinya membuat Indonesia harus berguru dengan baik kepada negeri tanah rendah itu. Jika sudah merasakan pendidikan di negeri tersebut, janganlah lupa kepada tujuan mulianya, Kawan!

Think Global and Act Local!

Siapkah anda menj
elajah Belanda?



P.S :
Fakta-fakta menarik dan bersahabat diatas dirangkum dari referensi dibawah ini. Semoga bermanfaat. Have a Look at these things :
3. Nuffic
4. Holandia
5. Rianne Azis
6. internationalgraduate.net

Gambar indah dan menarik diambi di :
1. allposter.com
2. internationalgraduate.net
3. tune-into-it.com
4. Philipmartin.info

10 comments:

suzhu on April 26, 2009 at 6:36 PM said...

ini info untuk s1 yaks? ada yang untuk s2 g?

zujoe on April 26, 2009 at 6:53 PM said...

hohoho....pengen sihh...bisa kuliah di luar negeri tapi kayaknya bakalan berat di ongkos dan otak juga agak ga mampu hohoho...

Moli Sari on April 26, 2009 at 11:35 PM said...

at suzhu : ini untuk s1 s2 ato s3 juga, tergantung mau ngambil apa.. beasiswa banyaknya ngasih untuk s2 dan s3// kalo summerschoolnya bebas kok liat aja di situsnya, klik di banner

at zujoe : ayo usaha dapetin beasiswanya.. heheh

^3^ on April 27, 2009 at 8:29 AM said...

wow...nice info baut anak saya kelak , huehuehue...

Sari on April 27, 2009 at 11:07 AM said...

Nice article :)

*Sdikit ga penting sih, tapi nama kita sama :D

Faizal Arief, MD. on April 27, 2009 at 10:53 PM said...

Mangstab ndess blognya...
Salut lah isinya up2date...
Two Thumbs Up !!

Moli Sari on April 27, 2009 at 11:29 PM said...

ah mas icolll hehehe

fajrin on April 28, 2009 at 12:00 PM said...

wiiii keren postingannya...bener Eropa emang negeri impian dan Belanda adalah pintu gerbangnya, kompetiblog ini tiketnya. sukses ya...

Ihwan on May 1, 2009 at 4:06 AM said...

Hum makin pengen mencoba suasana belajar d sana

st_hart on May 1, 2009 at 10:14 AM said...

wah kayanya menggiurkan juga kuliah di luar negeri. tp ya ntu tadi, berat di ongkos. musti nyari beasiswa...

Post a Comment

 

Moli Sari Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos