Apr 1, 2009

TOEFL CLIFFS

at 10:35 PM

Setahun yang lalu, kira-kira bulan Maret, 2008, Saya mengirimkan aplikasi beasiswa IELSP, program beasiswa selama delapan minggu di USA. Pertama mendapatkan kabar tersebut, di internet (kalau tidak salah), saya sangat tertarik tentunya. Tanpa pikir panjang, saya langsung melihat-lihat eligibility yang diperlukan dan download application. Klik! Persyaratannya standard, nilai TOEFL ITP dan mengisi application letter. Saya langsung berpikir keras. Bingung juga, sih! belum pernah sebelumnya, saya mengikuti test TOEFL ITP. Selama ini saya hanya pernah mengerjakan Toefl-like Test, itupun sudah tiga tahun yang lalu. Perasaan khawatir mulai melanda di dalam dada. Nilai yang diperlukan untuk mengirimkan aplikasi tersebut adalah 457, angka yang menurut saya cukup menakutkan, apalagi testnya adalah TOEFL asli trademark-nya ETS. Cek di internet, banyak yang beropini bahwa paper-based test TOEFL ITP memang sulit, tidak semudah TOEFL-Like Test yang disediakan di banyak institusi di Indonesia. Waktu saya tidak banyak!

Butuh Buku!!!

Saya, kemudian, mencoba browsing di internet untuk mencari opini publik mengenai buku TOEFL yang bagus. Banyak yang merekomendasikan buku TOEFL CLIFFS sebagai buku yang mengupas tuntas mengenai grammar. Wah! ini dia yang saya cari. Saya berpikir memang ini yang saya butuhkan karena grammar saya memang pas-pas-an. Sewaktu SMA memang saya pernah mengikuti les Bahasa Inggris di institusi LIA. Saya berharap saya bisa kembali menyegarkan ingatan pelajaran Bahasa Inggris waktu dulu. Beberapa hari kemudian, saya membeli buku ini.

Bagus?

Menurut saya, Buku ini sangat bagus. Buku TOEFL CLIFFS mengawali babnya dengan bahasan analysis of exam areas, dimana saya bisa memahami tips penting untuk mengakali tes TOEFL. Buku ini menyediakan review grammar dengan latihan soal (exercises) yang disediakan langsung dibawah pelajaran grammar, jadi setelah melihat dan mempelajari salah satu bahasan, saya bisa langsung latihan.
Sekali belajar dalam sewaktu saya menghabiskan sekitar satu jam untuk review grammar sebanyak kurang lebih tiga topik, berikut dengan exercises. Masing-masing topik pelajaran dikemas dalam bentuk sederhana dan simple, sehingga saya tidak bosan dan terlalu lama berkutat dengan bahasan yang sama. Buku ini juga menyediakan mini test sebanyak tiga seri. Mini test ini merupakan latihan soal grammar (berbeda dengan exercises) yang disediakan setelah membahas belasan pelajaran. Modul latihan tersedia sebanyak enam buah, dilengkapi juga dengan listening dan reading section. Dalam bahasan listening dan reading, buku ini mengajarkan tips penting yang perlu diketahui. Kaset, sebanyak 2 buah, juga disediakan oleh buku ini untuk melengkapi pembaca dengan kemampuan mengerjakan soal dalam listening section. Sangat membantu, lho! Oiya, tak lupa! buku ini juga membahas mengenai writting test yang mungkin kita temukan di tes TOEFL baik ITP maupun TOEFL-Like Test!


Latihan soal yang disediakan dalam modul membantu saya untuk berlatih soal hingga terbiasa dengan pola-pola tes ini. Latihan soal dengan modul dapat sekaligus memprediksi nilai yang akan saya dapat nanti. Keunikan buku ini, yang tidak dimiliki buku TOEFL lainnya, adalah setiap latihan soal disediakan kunci jawaban dengan bahasan yang dapat dimengerti dan kutipan halaman langsung ke bab pelajaran grammar tertentu, sehingga saya mudah menemukan teori yang berhubungan dengan soal tersebut.


Saya tidak menghabiskan latihan soal baik dalam bagian exercises, mini test maupun modul latihan secara keseluruhan. Banyak tugas kampus sangat menyita waktu dan tentunya saya tidak dapat optimal melakukan latihan soal. Namun saya bersyukur telah mendapatkan kesempatan untuk mempelajari buku ini. Very Helpful! Walaupun skor TOEFL ITP saya tidak mencapai 550, yang banyak diopinikan oleh beberapa orang yang belajar dengan buku ini, saya merasa lega karena nilai yang saya dapat, 527, memenuhi syarat untuk mengirimkan aplikasi. Alhamdulilah donk! Lain waktu belajar buku ini, mungkin nilai saya bisa naik! Dongkrak!!! :D Banyak yang bilang, nilai TOEFL bisa naik turun. Benar sekali, saudara-saudara! Jadi sebelum test, harus latihan dan review terus. Beresiko, sih!!

Anyway, selamat mencoba buku yang bagus dan murah ini!




1 comments:

Astrie Jenie said...

askum, Mbak ...
thanks banget buat inform nya. Kebetulan aku memang butuh banget kelebihan + kekurangan Cliff's . Oh iya sekalian tanya , lebih bagus mana Cliff's atau Baron mbak ?

terus aku juga mau tanya , mbak waktu dapet program beasiswa itu dari situs apa ya ? aku juga pengen dapet beasiswa ke luar negeri . tapi pengetahuanku soal beasiswa masih sedikit . Mohon ya mbak bantuannya :)

makasih banyak ! :D

Post a Comment

 

Moli Sari Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos